Pembagian Wilayah Nada Suara Manusia

Gak ada pembukaan, gak ada sekapur sirih, langsung aja qta sikat!

Pada mulanya pembagian wilayah vokal manusia hanyalah ditujukan untuk seni paduan suara di Eropa. Namun sekarang, hal itu telah dijadikan patokan tipe vokal seorang penyanyi. Misalnya Krisdayanti (KD)dalam lagu-lagunya tercatat sementara memiliki nada terendah Eb3 (Cinta ft Melly Goeslaw) dan tercatat pula memiliki nada tertinggi E5 (lupa judul lagunya) dalam suara asli. Hal itu berarti wilayah KD berada di sekitar wilayah alto yaitu sekitar E3-F5. Jadi Krisdayanti memiliki tipe suara Alto.

Setiap wilayah memiliki jangkauan sekitar 2 oktaf, ini adalah standar rata-rata jangkauan suara asli manusia. Tentunya tidak mutlak karena setiap manusia memiliki jangkauan suara yang berbeda-beda. Ada yang hanya menjangkau 1,5 oktaf hingga ada yang memiliki jangkauan 3 oktaf. Namun biasanya lebih dari itu, suara penyanyi sering terbantu dengan register lain secara tidak sadar. Misalnya untuk nada rendah terbantu vocal fry, dan di nada tinggi terbantu mixed voice.

Berikut adalah pembagian wilayah manusia, tiap wilayah satu dengan wilayah lainnya terpaut sekitar 2 nada:

1.   Contrabass

Memiliki wilayah sekitar C2/C#2 hingga C4/C#4. Contohnya penyanyi papan atas Trindel Wong Elek yang memiliki modal register sekitar  C2-C4 saja.

2.   Bass

Memiliki wilayah sekitar E2/F2 dan tertinggi E4/F4. Misalnya Ikhsan “Idol”.

3.   Bariton

Memiliki wilayah sekitar G#2/A2 hingga G#4/A4.

Kebanyakan wilayah contrabass, bass, & bariton dimiliki oleh pria dan jarang untuk wanita meskipun Mariah Carey, Georgia Brown, Chaka Khan, & Whitney Houston dapat mencapai nada rendah A2. Di Indonesia 70% vokalis pria suaranya berada di wilayah ini, tidak perlu aku sebutkan satu persatu karena jumlahnya terlalu banyak.

4.   Tenor/Contralto

Memiliki wilayah sekitar C3/C#3 hingga C5/C#5. Wilayah ini sering dimasukkan ke dalam wilayah tinggi pria. Untuk pria wilayah ini disebut tenor, sedangkan untuk wanita disebut contralto. Wilayah inilah yang kebanyakan dipilih oleh produser/musisi & ajang pencarian bakat di Indonesia baik untuk penyanyi pria maupun penyanyi wanita. Misalnya Judika, Afghan, Once, Kikan, Memes, Laudya C Bella, Shella Marcia, Dewiq, Ipank, Anang & Ashanty, Tantri  dll. Sehingga tinggi rendahnya suara wanita menjadi sejajar. Emansipasi gitu lowh!

5.   Alto /Countertenor

Memiliki wilayah sekitar E3/F3 hingga E5/F5. Untuk wanita wilayah ini disebut alto, sedangkan untuk pria disebut countertenor. Alto itu sendiri berarti tinggi. Ya, memang tinggi buat kaum adam. Namun untuk kaum hawa sering termasuk dalam wilayah rendah wanita. Wilayah inilah yang kebanyakan dipilih oleh produser/musisi  di Indonesia/Malaysia untuk penyanyi wanita. Misalnya KD, Titi Dj, Syahrini, Rossa, Ute, BCL, Nike Ardilla, Poppy Mercury, Inka Christie, Siti Nurhaliza, Ella, dll. Sedangkan untuk yang bersuara Mezzosopran/Sopran lebih jarang dipilih.

6.   Mezzosopran

Memiliki wilayah sekitar G#3/A3 hingga G#5/A5. Wilayah ini hanya dimiliki oleh wanita (murni suara asli bukan mixed voice). Penyanyi yang sering bernyanyi di wilayah ini diantaranya Yelse, Vina, Rita Butar Butar, Jaclyn Victor, Agnes Monica dan Ziana Zain.

7.   Sopran

Memiliki wilayah sekitar C4/C#4 hingga C6/C#6. Sopran berarti supra/super, artinya diatas. Bahkan wilayah ini terlalu tinggi untuk falsetto pria dalam musik opera/paduan suara. Setahu aku di Indonesia penyanyi yang mencapai wilayah ini dengan suara asli/chest voice adalah Soimah Pancawati. Sedangkan untuk Gita Gutawa memang sering bernyanyi di wilayah ini namun ia menggunakan head voice di nada tingginya.

8.   Sopraneno/sopracuta (dari suatu sumber)

Memiliki wilayah sekitar E4/F4 hingga E6/F6. Ada yang menyebutnya dengan Sopracuta. Aku gak tau istilah pastinya itu apa, namun yang pasti wilayah ini berada di atas sopran. Penyanyi yang mencapai wilayah ini adalah Tarja Turunen yang menurut sumber tertentu suara aslinya mencapai nada tertinggi E6/F6. Mado Robin & Erna Sack? Mbuh ah ra ngerti……

 

 

Gambar di atas adalah tuts piano, memiliki jangkauan 7 oktaf + 2 nada (7.2 oktaf) tujuh titik dua oktaf. Pojok kiri adalah nada A0 yang merupakan nada terendah dan pojok kanan adalah nada C8 yang merupakan nada tertinggi di piano. ngomong2 gambarnya koq kabur gitu ya…

Pembagian wilayah di atas tidaklah mutlak karena beberapa ahli vokal menggolongkan penyanyi berdasarkan nada yang sering digunakan dalam bernyanyi. Misalnya Gita Gutawa dan Putri Ayu Silaen disebut  sebagai sopranist karena sering menyanyikan lagu-lagu di nada sopran meskipun nada soprannya menggunakan head voice.

Oke, itu saja pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Silakan boleh protes/kritik/saran dll.

Jika ada kesalahan dalam penulisan nama/istilah/kosakata, mohon diralat. Terima kasih.

Mungkin kita sering bingung dan bertanya-tanya tentang istilah falsetto, head voice dan whistle register karena ketiga-tiganya sama-sama merupakan suara palsu/bukan suara asli. Namun secara sederhana kita bisa koq membedakannya. Ini berdasarkan pengalamanku (Trindel Wong Elek) karena aku memiliki 9 register suara manusia. Sebelumnya aku kasih pengertian dulu mengenai falsetto, head voice, dan whistle register.

Falsetto artinya suara palsu, karena dulu di suatu Negara di wilayah Eropa wanita sempat dilarang bernyanyi, lalu posisinya digantikan oleh pria. Untuk mencapai nada-nada tinggi suara asli pria tidak mungkin dapat mencapai suara asli wanita yang tinggi. Lalu pria menggunakan suara palsu untuk mencapai nada-nada tinggi wanita yang disebut dengan istilah falsetto yang artinya palsu/keliru. Jadi seolah-olah itu yang bernyanyi adalah wanita padahal pria, kan jadinya palsu.

Head voice artinya suara kepala, hmmm apakah benar-benar di kepala atau tidak? Itu hanya sensasi semata. Jika dibandingkan falsetto, head voice lebih terdengar merdu dan memenuhi kepala kayak nyanyinya Gita Gutawa itu lho. Ini dimiliki semua manusia sejak lahir baik pria maupun wanita. Namun pada usia dewasa, kebanyakan kaum pria kehilangan head voice-nya dan digantikan oleh falsetto. Menurut pengalamanku sendiri, dulu sebelum umur 18 tahun, head voice aku bisa mencapai nada di atas C6. Namun ketika umurku mulai menginjak 18 tahun head voice aku mulai serak, pecah-pecah, dan susah dikeluarkan. Di saat yang bersamaan muncul percabangan register suara mirip head voice namun terdengar lebih jelek dan hanya bisa mencapai nada G5 saja. Nah itulah falsetto muncul pertama kali. Sedangkan untuk wanita dewasa kebanyakan akan bertahan meskipun terkadang wanita juga memiliki falsetto seperti teman aku yang bernama Atun.

Whistle register artinya register peluit karena suaranya mirip peluit/siulan. Secara alami semua manusia memiliki register ini sejak bayi dan akan menghilang pada usia menginjak remaja atau dewasa terutama pada kaum pria. Sedangkan untuk wanita whistle register kebanyakan masih bertahan hingga dewasa.

Nah sekarang bagaimana cara membedakan  falsetto, head voice, dan whistle register? Caranya  itu cukup mudah…

Cara membedakan falsetto dengan head voice:

Falsetto 

Suaranya berat, tidak nyaring, mirip gabus, susah mencapai nada tinggi. Semakin tinggi, semakin terdengar jelek dan tidak merdu. Jika di dengarkan, maka akan terdengar lebih mirip mixed voice,bahkan terkadang mirip suara asli wanita. Banyak waria-waria yang berhasil menggunakan falsetto saat bicara hasilnya benar-benar sama persis dengan suara asli wanita. Jika dipaksakan, maka akan pecah ke register mixed voice yaitu register yang suaranya mirip chest voice yang menghasilkan nada setinggi falsetto. Kebanyakan dimiliki pria dewasa, meskipun terkadang wanita juga memiliki falsetto.

Head Voice

Suaranya ringan, nyaring, merdu, bisa leluasa ke nada-nada tinggi diatas nada C6 bahkan ada yang mencapai nada B6. Jika didengarkan, maka suaranya akan terdengar berada di dalam memenuhi kepala. Kebanyakan dimiliki oleh wanita, anak-anak, dan pria remaja, meskipun terkadang pria dewasa juga masih memiliki head voice seperti pada kasus Ujang, Yama Carlo, Tora Sudiro, Raffi Ahmad, Indra Bekti  dll.

Cara membedakan Head Voice dengan Whistle Register

Kita sering terkagum-kagum dengan lengkingan dahsyat suara Agnes Monica waktu nembak nada F6. Namun pertanyaannya, apakah itu head voice ataukah itu whistle register? Di nada-nada tinggi antara C6-A6 antara head voice dan whistle register suaranya terdengar begitu mirip dan susah dibedakan. Lagi pula di nada sekitar G5-A6 itu head voice dan whistle wilayahnya saling tumpang tindih. Nah cara membedakannya adalah:

Head voice

Selain ciri-ciri yang sudah aku tuliskan diatas, ada lagi ciri-ciri head voice yang lain.

  1. Baik head voice maupun falsetto masih mudah diucapkan dengan kata-kata. Artinya semua huruf baik vocal maupun konsonan dari A-Z masih cukup mudah dinyanyikan tanpa pecah. Semakin tinggi head voice dinyanyikan, semakin mudah diucapkan dengan huruf “i” atau “u”.
  2. Head voice memiliki keterbatasan di nada tinggi sehingga di nada-nada sekitar C6-F6 seseorang akan terlihat ngotot dan suaranya semakin keras karena itu merupakan puncak nada tertinggi wilayah head voice.
  3. Nada tertinggi head voice tidak akan mungkin melebihi tinggi nada yang dihasilkan whistle pada individu yang sama. Biasanya wilayah puncak nada tertinggi head voice antara Bb5-A6, tergantung kemampuan masing-masing.

Whistle register

  1. Whistle register susah dinyanyikan dengan kata-kata. Whistle hanya mudah dinyanyikan menggunakan huruf A “aaaaaa…..”. Hal itu karena ruangan whistle hanya terletak di bawah epiglottis sehingga rongga mulut sudah menjadi wilayah luar ruang resonansi sehingga harus mangap. Jika tidak, maka whistle akan mudah pecah ke register lain, kecuali memang sudah terlatih.
  2. Di nada-nada sekitar Bb5-D6, whistle akan terdengar lirih/lemah dan mudah pecah ke register lain misalnya ke chest voice karena wilayah itu merupakan bagian bawah wilayah whistle register.
  3. Nada tertinggi whistle tidak akan mungkin dikalahkan nada tertinggi head voice pada individu yang sama.

Baik, itu saja cara membedakannya. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat dan tidak menyesatkan.

makasih :)

Sebagai pecinta lagu-lagu slow rock, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Yelse. Penyanyi kelahiran Pasaman, Sumatera Barat, Indonesia 29 Juli 1987 dengan nama Yelse Agustin ini telah merilis setidaknya 7 album dan beberapa single. Album-album tersebut diantaranya Nyanyian rindu, Untuk Cinta, Memendam Rasa, Bayangan Cinta, Harapan Cinta, dan album berbahasa Aceh, serta beberapa single di antaranya Tiada Arti, Di Dalam Kerinduan, & Dahlia. Selain itu, Yelse juga merilis album kompilasi bersama penyanyi slow rock yang lain misalnya Album Bunga Edelwies / Kelana bersama Thomas Arya, Koleksi Slow Rock bersama 3 penyanyi lainnya seperti Anton, Vina, & JQ. Genre lagu yang diusung adalah slow rock melayu dan bertema tentang cinta. Yang khas bagi penyanyi ini adalah suaranya yang melengking tinggi dengan jangkauan vokal antara nada rendah E3 dalam lagu Duka dalam Rindu dan mencapai nada tertinggi chest voice (suara asli) di Bb5 dalam lagu Setia Menanti dan C6 head voice. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu penyanyi slow rock dengan nada tertinggi di Indonesia & Malaysia.

Sekian lama aku mengembara, akhirnya aku menemukan penyanyi yang selama ini aku cari. Dulu kan pertama kali aku suka Nike Ardila dan kawan-kawan dengan chest voice (suara dada/suara asli) tertinggi E5, lalu Ziana Zain F5, kemudian Yelse Bb5, dan yang terakhir ini…. Mariah Carey. Setelah aku melihat you tube ini (sudah diremove), ternyata banyak kok penyanyi cewek yang bisa menjangkau nada yang lebih tinggi lagi dengan rentang oktaf yang luas. Ketinggalan jaman dUnk!!! Dari hasil video itu, dapat disimpulkan daftar para penyanyi yang menjangkau mulai dari nada tertinggi. Inilah dia penyanyi wanita dengan nada yang melengking paling tinggi (suara asli tentunya).

  • E6-G#6

Tarja Turunen (lahir 17 Agustus 1977), nama lengkap Tarja Turunen Cabuli Soile Susanna, adalah  penyanyi-penulis laguFinlandia dan komposer , opera full soprano lirik   (wikipedia).  Beberapa sumber mengatakan bahwa Tarja Turunen mencapai nada D6, E6, tapi saat aku lihat sendiri di youtube Tarja Turunen Vocal Range (E3-F6) lalu aku ukur, ternyata lebih tinggi daripada yang dibayangkan yaitu mencapai G#6. Ini amazing!!!

atau mungkin itu udah di-picth aku nggak tau

  • Eb6

Erykah Badu , nama asli Erica Abi Wright (lahir di South Dallas, Texas, on February 26, 1971),  lebih dikenal oleh dia nama panggung Erykah Badu(diucapkan/ ɛrɨkə bɑ ː ː du / ), adalah seorang artis rekaman Amerika, produser rekaman dan aktris. Karyanya mencakup elemen dari R & B , hip hop dan jazz .  Dia terkenal untuk perannya dalam kebangkitan dari neo jiwa sub-genre, dan untuk eksentrik nya, stylings musik otak dan rasa fashion. Dia dikenal sebagai “First Lady Neo-Soul” atau “Ratu Neo-Soul”.(wikipedia)

Nina Hagen, lahir di Jerman Timur 11 Maret 1955, dia adalah penyanyi sekaligus aktris. Dia dikenal sebagai penyanyi wanita paling cerdas dalam mengexplorasi register suaranya. Dia mampu menembak nada terendah G#1 dengan vocal fry, A1 dengan vocal growl, sehingga suaranya dapat menyerupai suara pria tanpa kehilangan kualitas nada tingginya. Head voice-nya dapat mencapai B6, sedangkan whistle registernya mencapai Bb7 sehingga dia memiliki jangkauan vokal 6 oktaf lebih.  Banyak orang menjulukinya sebagai The Monster.

Li Na lahir pada 25 juli 1963, dia adalah penyanyi tradisional China yang populer dengan lagu Tibetan Plateau.

  • D6

Patti LaBelle lahir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat 24 Mei 1944, merupakan seorang penyanyi dan aktris. Album pertamanya adalah Patti LaBelle dirilis pada tahun 1977. 

Aretha Franklin (Aretha Louise Franklin, lahir pada 25 Maret 1942 di Memphis, Tennesee, Amerika Serikat).

Jean Carne  (nama asli Sarah Jean Perkins lahir pada 15 Maret 1947 di Atlanta , Georgia , Amerika Serikat ) adalah seorang penyanyi  jazz dan pop Amerika.

Yun Duo penyanyi China, sementara biodatanya belum dapat.

Lashun Pace (biodatanya cari sendiri)

Sebenarnya banyak wanita yang mencapai nada ini.

  • C#6

Sandi Patty (lahir 12 Juli 1956 di Oklahoma city, Oklahoma ), yang dikenal sebagai “The Voice,”  adalah seorang penyanyi Lagu Kristen Kontemporer Amerika.

Karen Clark Sheard, Rachelle Ferrell, Anika Noni Rose, Cheryl Pepsii Riley, dll.

Soimah Pancawati (lahir di Pati, 29 September 1980), jangan ngeremehin Diva yang satu ini, eh maksudnya sinden..sinden…. Ini terbukti saat dia berduet dengan Sule di acara dekade trans 7, dia melakukan belting dahsyat  dengan sustaining di nada C6 dan hitting di nada C#6. Akhirnya, ada juga ya penyanyi wanita di Indonesia yang suara chestnya nyampe C6. Alhamdulillah ya, sesuatu….

MASALAH BUWAT LO …???!!!!!

  • C6

Vanessa Amorosi (lahir di Melbourne,Victoria, Australia pada 8 Agustus 1981).

Monica Naranjo (lahir di Fiqueres, Catalonia, Spanyol pada 23 Mei 1974).

So Hyang, Darlene Lima, Cristiane Carvalho, Kelly Clarkson, Celine Dion, Amber Rilay of Glee, Natalie Cole, Shanice Wilson, Cheryl Lynn.

Ternyata terbukti, banyak kok penyanyi cewek yang nyampai C6 dengan chest voice.

  • B5

Tete Espindola (lahir pada 11 maret 1964 di Campo Grande, Brazil).

Regine Velasquez ( lahir pada 22 April 1970 di Manila, Philipina).

Jonalyn Viray nama asli Jonalyn Roxas Viray (lahir pada November 15, 1989 di Marikina City, Philippines).

Chaka Khan, Jennifer Hudson, Cindy Lauper.

  • Bb5

Yelse (lahir pada 29 juli 1987 di Pasaman, Sumatera Barat, Indonesia).

 

di atas udah ada 3 penyanyi cewek berwajah melayu (Indonesia dan Filiphina)

Jaclin Victor (Malaysian Idol) nama asli Jaclyn Joshua Thanaraj Victor (Kepong, Kuala Lumpur, Malaysia 4 Desember 1978).

Agnes Monica (dalam lagu “Godain Aku Lagi” @ Indonesian Idol pada menit 5:12 dia nyampe “Bb5″ bukan “A5″) belting yang sempurna! iya deh aku nyerah, suara Agnes memang hebat…..

Alesandra Samadello, Cristina Mel, Vina (penyanyi slow rock Padang, Indonesia),Kris Angelica, Siobhan Magnus dan beberapa aktris holiwood serta pengisi suara.

  • A5

Mariah Carey (udah banyak yang tau).

Lara Fabian ( nama asli Lara Crokaert, lahir pada 9 Januari 1970, asal Etterbeek, Belgium Etterbeek, Belgia).

Lydia Moises, Virnie Ismail, Nicole Scherzinger, Lea Michele,  Demi Lovato, Bernice Nikki “Blodwen”, Novita Dewi Marpaung  (dalam lagu Sapata).

  • G#5

Georgia Brown(nah kalo yang ini udah pada tau kan pemegang rekor nada tertinggi di dunia G10 dan jangkauan vokalnya 8 oktaf antara low G2 sampai dengan suara whistle ultrasoniknya G10, sampai-sampai tidak bisa di dengar telinga manusia, konon suara aslinya menjangkau 5 oktaf berarti kan nyampai G7, masak sih?).

 Thalia Sodi ( lahir di Ciudad de México, Meksiko, 25 Agustus 1971, pemeran utama dalam telenovela Maria Marcedez dan Marimar yang sukses di tahun 90-an).

Rossanah Fienngo, Beyonce(udah banyak yang tau), , Whitney Houston (udah pada tau donk), Inul Daratista (terkenal dangan goyang ngebor ini tinggi juga ya nadanya), Charice Pempengco,  Jiew The Star, Ria “Anueta”, Rita Butar-butar, Sebenarnya di Indonesia juga banyak artis-artis yang mencapai nada ini, hanya saja mereka bukan penyanyi melainkan pemain sinetron seperti: Raya D Kohandi, Citra Kirana, Nabila Syakieb dll.

  • G5

Ziana Zain (nama asli Siti Roziana binti Zain lahir pada 2 Mei 1968 di Kampung Simpang Merpati, Malaka, Malaysia). Jessica Simpson,Tamela Mann, Fergie, Tiffani Evans, Christina Aguilera, Mari J Blige, Sania(slowrock), Sonia, dan masih banyak lagi yang tidak terhitung banyaknya.

  • F#5

Penyanyi-penyanyi di atas sudah pasti bisa donk!, lalu ada Inka Christie pada lagu Gambaran Cinta(cuma baking vokal pas teriak aaaaa…), Anggun C Sasmi, Nicky Astria, Aisyah, Rozita Izlin, Nike Ardila (harmonisasi), Siti Nordiana,  dan lain-lain tambahkan sendiri.

  • F5

Nike Ardila (cuma pada 1 lagu aja tapi lupa judulnya), Poppy Mercury (Betapa Sayang Aku Padamu)), Ella , dan masih banyak lagi yang tidak terhitung jumlahnya, juga para tetanggaku lek Pariyem, lek Paini, mbak Sumarmi, mbak Suwarti, mbakMusrini, Duwik, dan para cewek remaja kalau sedang berteriak.

  • E5

Siti Nurhaliza, dan hampir semua cewek bisa. Animated EmoticonsAnimated Emoticons

Namun,  sayangnya setinggi-tingginya penyanyi cewek masih saja bisa dikejar sama penyanyi cowok yang sampai nada D6, kapan ya ada penyanyi cewek yang nadanya sampai A6?

Dicari penyanyi cewek yang nadanya sampai D6 (suara asli) aku tunggu ya. Makasih…..Animated Emoticons